LUVTRIP.ID - Selain di kenal sebagai Negeri 1000 Benteng, Kepulauan Buton memiliki keunikan lainnya untuk dikunjungi. Salah satu ialah perkampungan Bali yang berlokasi di Kelurahan Ngkari-ngkari, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Desa adat Ngkari-ngkari atau yang biasa disebut Kampung Bali ini merupakan salah satu desa adat etnis Bali di Tanah Buton. Masyarakat adat Ngkari-ngkari datang ke Kota Baubau pada periode tahun 1978, tepatnya 3 mei 1978 melalui program transmigrasi Swakarsa Mandiri atas undangan Bapak Arifin Sugianto, Bupati Buton pada masa itu.

 

Berlokasi 17 km dari pusat Kota Baubau, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah yang luas dan hijau memanjakan mata yang menjadi awal kedatangan kamu di Desa Adat Ngkari-ngkari. Perkampungan Bali yang satu ini memiliki keunikan yang banyak menghadirkan budaya Hindu-Bali di tengah-tengah masyarakat kepulauan Buton pada umumnya. Adat istidadat, bahasa dan arsitektur bangunan rumah penduduk yang sangat kental dengan Budaya Bali dapat kalian temukan di sini.

 

Menikmati hijaunya hamparan sawah, menyaksikan tarian tradisional khas Bali, serta berinteraksi langsung dengan masyarakat Bali yang telah lama bermukim di Kelurahan Ngkari-ngkari ini patut kamu masukkan ke dalam bucket list wisata kamu jika hendak berkunjung ke kota Baubau ya!