LUVTRIP.ID - Setelah sukses dengan bimbingan teknis yang terselenggara pada 11-12 Oktober 2023, kini Balai Riset Perikanan Air Tawar/BRPAT - Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dengan Luvtrip, semakin menguatkan langkah melalui kegiatan pendampingan.

Kegiatan pendampingan ini terbagi menjadi dua tahapan, yaitu pendampingan penggunaan media sosial untuk promosi, serta pembukuan digital aktivitas pelaku usaha. Adapun pendampingan pemanfaatan media sosial meliputi pembuatan e-catalog product, pembuatan WhatsApp business dan Instagram business. Untuk menunjang content media sosial yang baik, peserta juga dibekali teknik pengambilan dokumentasi produk atau destinasi wisata melalui dasar-dasar teknik fotografi.

Selain itu, sebanyak 32 peserta juga mendapatkan pendampingan tentang pembukuan management usaha wisata secara digital, hingga pembuatan database kunjungan wisata. Pendampingan ini sebagai langkah praktik nyata dari bimbingan teknis yang sebelumnya terlaksana. Melalui kegiatan ini, nyatanya juga mampu meningkatkan fungsi koordinatif antar anggota pegiat wisata di Nagari Ranah Koto Tinggi. 

Melalui proses pendampingan, Luvtrip juga ingin mengubah paradigma membuat komunitas di desa atau nagari mampu mengoptimalkan digitalisasi sebagai media untuk melakukan promosi, branding dan mengembangan wisata di wilayahnya. Kegiatan pendampingan ini juga membuktikan bahwa proses digitalisasi dapat menghapuskan keterbatasan dalam pengembangan sektor ekonomi dan pariwisata. 

Konsep demikian turut di dukung oleh Penyuluh Perikanan Dinas Kelautan dan Peirkanan, Budi Lesmana Penyuluh Perikanan Dinas Perikanan Kab. Pasaman Barat, harapannya dengan adanya Luvtrip semoga kegiatan ini dapat berkembang terutama bagi pelaku untuk pemasaran wisata secara digital. Seiring dengan harapan dari Luvtrip, bahwa kegiatan bimbingan dan pendampingan yang ada, akan menjadi cikal transformasi digital bagi masyarakat di Ranah Koto Tinggi dan wilayah lain. 

Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Mangrove Sikabau Jaya, Taufiq turut memberikan kesan positing “kegiatan ini memberi ilmu, selama pelatihan ada mamfaatnya pada kami semua semoga wisata di sikabau semakin maju. Kami dari kelompok masyarakat sangat berterimakasih kepada tim Luvtrip, semoga Luvtrip menjadi yang terbaik untuk memajukan wisata di Indonesia. Harapan kami untuk tim Luvtrip bisa membuat wisata Sikabau dikenal hinga menjadi wisata yang di kenal sampai mancanegara. Terimakasih untuk luvtrip, semoga ada pelatihan selanjutnya” pungkasnya.